Perubahan Kebijakan Membuat Pusing Berkepanjangan

          


   Setiap perombakan kabinet tentu saja ada perubahan yang terjadi seperti pada menteri pendidikan kali ini, dimulai dari Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Tahun 2004, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006, dan Kurikulum 2013 (K-13). Pada program kerja menteri pendidikan yang dikepalai oleh Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. Kurikulum pendidikan yang dipakai berubah menjadi Kurikulum Merdeka, dimana bertujuan untuk mewujudkan penguatan karakter siswa yang meliputi akhlak mulia serta memiliki tingkat penalaran yang tinggi, baik dibidang literasi dan numerasi.

    Kurikulum Merdeka tidak hanya dirasakan oleh siswa baru jenjang SD, SMP, dan SMA. Calon mahasiswa baru juga dibuat bingung dan sangat amat merasakan perubahannya. Bagaimana tidak, banyak sekali perubahan ketentuan untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur prestasi dan jalur tes. Dimulai dari perubahan penyelengga sampai syarat masuk PTN. Penyelenggara yang awalnya dipegang oleh LTMPT sekarang berubah menjadi SNPMB. Jalur prestasi yang semula bernama SNMPTN berubah menjadi SNBP dan juga jalur tes yang semula SBMPTN berubah menjadi SNBT. Masih banyak perubahan syarat yang terjadi lainnya yang membuat para calon mahasiswa bertanya-tanya dan kurang mengerti.

  Calon mahasiswa banyak sekali yang mengeluh dengan adanya perubahan tersebut. Banyak sekali siswa SMA yang sudah mendalami mata pelajaran sesuai jurusannya, tetapi pada kali ini untuk daftar PTN jalur SNBP menggunakan semua mata pelajaran tanpa pengecualian. Disisi lain, banyak siswa yang kecewa dengan adanya perubahan yang mendadak tersebut.

     Alangkah baiknya jika perubahan masuk PTN diumumkan jauh-jauh hari sebelum adanya pendaftaran kuliah. Opsi lain mungkin kebijakan untuk calon mahasiswa baru, ditujukan untuk siswa yang baru memasuki Kurikulum Merdeka. Semangat untuk calon mahasiswa baru dan teman-teman diluar sana.



Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Karakter di Era Modern

Diri Manusia